Mengatur Keuangan dengan Mudah dan Cermat

Mengatur Keuangan dengan Mudah dan Cermat

0 236
Bagi sebagian orang, mengatur keuangan ternyata bukan perkara mudah. Seringkali kita tidak bisa berhemat di awal bulan atau bahkan terlalu berhemat sehingga tidak sempat menikmati uang hasil jerih payah kita sendiri. Sebenarnya, pengaturan keuangan bisa dilakukan dengan mudah asalkan kita cermat dalam menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan serta konsisten dalam menjalankannya. Pertama dan yang paling utama dalam pengaturan keuangan adalah menyusun skala prioritas mengenai apa saja yang akan dibeli atau dikonsumsi pada bulan ini. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan dan gunakanlah dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Kalau bisa, jangan sampai memenuhi dari perkiraan biaya tersebut agar pengeluaran tidak membengkak dan menyebabkan kita harus menanggung kekurangan biaya di akhir bulan. Kita juga bisa membuat pos-pos pengeluaran khusus. Sebagai contoh adalah pos khusus untuk biaya makan, biaya transportasi, biaya kost atau tempat tinggal, biaya hiburan dan lain-lain. Jangan menggunakan biaya di salah satu pos untuk kebutuhan di pos lainnya agar kondisi keuangan senantiasa seimbang. Yang tak kalah penting dalam mengatur keuangan adalah memastikan masih ada uang tabungan yang tersedia untuk kepentingan yang tidak kita duga sebelumnya. Uang tabungan ini juga bermanfaat di akhir bulan apabila semua anggaran di masing-masing pos telah habis sebelum waktunya. Pengaturan keuangan juga termasuk anggaran untuk hiburan seperti menonton bioskop, sesekali makan di kafe hingga berbelanja barang-barang seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo diskon atau potongan harga serta gratis ongkos kirim apabila kita berbelanja secara online. Hal ini sekaligus akan membantu kita untuk menghemat keuangan dan menghindari tekor di akhir bulan. Kegiatan belanja online kini semakin menyenangkan dengan hadirnya alternatif cara pembayaran baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kini kita bisa memanfaatkan Dompetku agar bisa membayar tagihan belanja tanpa harus melakukan transfer di ATM. Demikian cara-cara mengatur keuangan dengan mudah dan juga cermat. Kita bisa mempraktekkan cara-cara ini tiap bulan agar kondisi keuangan kita senantiasa stabil.

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan ternyata bukan perkara mudah. Seringkali kita tidak bisa berhemat di awal bulan atau bahkan terlalu berhemat sehingga tidak sempat menikmati uang hasil jerih payah kita sendiri. Sebenarnya, pengaturan keuangan bisa dilakukan dengan mudah asalkan kita cermat dalam menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan serta konsisten dalam menjalankannya. Pertama dan yang paling utama dalam pengaturan keuangan adalah menyusun skala prioritas mengenai apa saja yang akan dibeli atau dikonsumsi pada bulan ini. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan dan gunakanlah dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Kalau bisa, jangan sampai memenuhi dari perkiraan biaya tersebut agar pengeluaran tidak membengkak dan menyebabkan kita harus menanggung kekurangan biaya di akhir bulan.

Bagi sebagian orang, mengatur keuangan ternyata bukan perkara mudah. Seringkali kita tidak bisa berhemat di awal bulan atau bahkan terlalu berhemat sehingga tidak sempat menikmati uang hasil jerih payah kita sendiri. Sebenarnya, pengaturan keuangan bisa dilakukan dengan mudah asalkan kita cermat dalam menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan serta konsisten dalam menjalankannya. Pertama dan yang paling utama dalam pengaturan keuangan adalah menyusun skala prioritas mengenai apa saja yang akan dibeli atau dikonsumsi pada bulan ini. Perkirakan berapa biaya yang dibutuhkan dan gunakanlah dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Kalau bisa, jangan sampai memenuhi dari perkiraan biaya tersebut agar pengeluaran tidak membengkak dan menyebabkan kita harus menanggung kekurangan biaya di akhir bulan.  Kita juga bisa membuat pos-pos pengeluaran khusus. Sebagai contoh adalah pos khusus untuk biaya makan, biaya transportasi, biaya kost atau tempat tinggal, biaya hiburan dan lain-lain. Jangan menggunakan biaya di salah satu pos untuk kebutuhan di pos lainnya agar kondisi keuangan senantiasa seimbang. Yang tak kalah penting dalam mengatur keuangan adalah memastikan masih ada uang tabungan yang tersedia untuk kepentingan yang tidak kita duga sebelumnya. Uang tabungan ini juga bermanfaat di akhir bulan apabila semua anggaran di masing-masing pos telah habis sebelum waktunya.  Pengaturan keuangan juga termasuk anggaran untuk hiburan seperti menonton bioskop, sesekali makan di kafe hingga berbelanja barang-barang seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo diskon atau potongan harga serta gratis ongkos kirim apabila kita berbelanja secara online. Hal ini sekaligus akan membantu kita untuk menghemat keuangan dan menghindari tekor di akhir bulan. Kegiatan belanja online kini semakin menyenangkan dengan hadirnya alternatif cara pembayaran baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kini kita bisa memanfaatkan Dompetku agar bisa membayar tagihan belanja tanpa harus melakukan transfer di ATM. Demikian cara-cara mengatur keuangan dengan mudah dan juga cermat. Kita bisa mempraktekkan cara-cara ini tiap bulan agar kondisi keuangan kita senantiasa stabil.

Kita juga bisa membuat pos-pos pengeluaran khusus. Sebagai contoh adalah pos khusus untuk biaya makan, biaya transportasi, biaya kost atau tempat tinggal, biaya hiburan dan lain-lain. Jangan menggunakan biaya di salah satu pos untuk kebutuhan di pos lainnya agar kondisi keuangan senantiasa seimbang. Yang tak kalah penting dalam mengatur keuangan adalah memastikan masih ada uang tabungan yang tersedia untuk kepentingan yang tidak kita duga sebelumnya. Uang tabungan ini juga bermanfaat di akhir bulan apabila semua anggaran di masing-masing pos telah habis sebelum waktunya.

Pengaturan keuangan juga termasuk anggaran untuk hiburan seperti menonton bioskop, sesekali makan di kafe hingga berbelanja barang-barang seperti baju, tas, sepatu dan lain-lain. Tak ada salahnya untuk memanfaatkan promo diskon atau potongan harga serta gratis ongkos kirim apabila kita berbelanja secara online. Hal ini sekaligus akan membantu kita untuk menghemat keuangan dan menghindari tekor di akhir bulan. Kegiatan belanja online kini semakin menyenangkan dengan hadirnya alternatif cara pembayaran baru yang belum pernah ada sebelumnya. Kini kita bisa memanfaatkan Dompetku agar bisa membayar tagihan belanja tanpa harus melakukan transfer di ATM. Demikian cara-cara mengatur keuangan dengan mudah dan juga cermat. Kita bisa mempraktekkan cara-cara ini tiap bulan agar kondisi keuangan kita senantiasa stabil.

Mengatur Keuangan di Awal Bulan

Awal bulan adalah waktunya gajian bagi yang sudah bekerja ataupun mendapat uang saku bulanan bagi yang masih kuliah atau sekolah. Seringkali uang di awal bulan ini akan langsung dibelanjakan sehingga hanya menyisakan sedikit saja di akhir bulan. Akibatnya, bisa jadi kita tekor begitu mendekati tanggal tua. Dibutuhkan cara-cara mengatur keuangan agar kita bisa tetap menikmati uang hasil jerih payah tanpa harus kesulitan di akhir bulan. Pengaturan keuangan ini memang sebaiknya dilakukan di awal bulan agar kita tidak tekor di akhir bulan. Sejak menerima uang gaji atau uang saku bulanan, mulailah untuk mengatur uang yang kita miliki.

Awal bulan adalah waktunya gajian bagi yang sudah bekerja ataupun mendapat uang saku bulanan bagi yang masih kuliah atau sekolah. Seringkali uang di awal bulan ini akan langsung dibelanjakan sehingga hanya menyisakan sedikit saja di akhir bulan. Akibatnya, bisa jadi kita tekor begitu mendekati tanggal tua. Dibutuhkan cara-cara mengatur keuangan agar kita bisa tetap menikmati uang hasil jerih payah tanpa harus kesulitan di akhir bulan. Pengaturan keuangan ini memang sebaiknya dilakukan di awal bulan agar kita tidak tekor di akhir bulan. Sejak menerima uang gaji atau uang saku bulanan, mulailah untuk mengatur uang yang kita miliki.  Pertama, kita bisa membagi uang yang didapat di awal bulan ke dalam pos-pos khusus. Misalnya, pos untuk kebutuhan makan, pos untuk kebutuhan kost, pos untuk kebutuhan hiburan dan lain-lain. Dengan begini uang kita akan lebih terorganisir. Kita juga tidak akan mengambil uang dari satu pos tertentu untuk kebutuhan pos yang lain, misalnya mengambil uang jatah makan untuk hiburan. Perkirakan berapa uang yang dibutuhkan di masing-masing pos dan gunakan dengan sebaik-baiknya. Mengatur keuangan juga bisa dilakukan denan menyusun skala prioritas. Prioritaskan kebutuhan primer seperti makan, kost dan kebutuhan tak terduga di atas kebutuhan sekunder seperti berbelanja dan nonton bioskop.  Jangan lupa sediakan uang tabungan tiap bulan. Jangan habiskan semua dana ke dalam pos-pos, namun sisakan juga beberapa untuk tabungan di kala kita membutuhkannya untuk kepentingan tak terduga. Cara lain dalam mengatur uang ini adalah dengan cermat memilih pada saat berbelanja. Tak ada salahnya untuk memburu barang-barang diskon karena memang harganya lebih terjangkau. Memanfaatkan promo-promo khusus seperti gratis ongkir juga bisa kita lakukan. Agar kegiatan berbelanja dapat semakin mudah dan menyenangkan, kini telah hadir alternatif cara pembayaran baru dengan menggunakan Dompetku sehingga kita tidak memerlukan transfer via ATM lagi. Demikian cara-cara mengatur keuangan sejak awal bulan yang bisa kita lakukan mulai hari ini juga. Selamat mencoba!

Pertama, kita bisa membagi uang yang didapat di awal bulan ke dalam pos-pos khusus. Misalnya, pos untuk kebutuhan makan, pos untuk kebutuhan kost, pos untuk kebutuhan hiburan dan lain-lain. Dengan begini uang kita akan lebih terorganisir. Kita juga tidak akan mengambil uang dari satu pos tertentu untuk kebutuhan pos yang lain, misalnya mengambil uang jatah makan untuk hiburan. Perkirakan berapa uang yang dibutuhkan di masing-masing pos dan gunakan dengan sebaik-baiknya. Mengatur keuangan juga bisa dilakukan denan menyusun skala prioritas. Prioritaskan kebutuhan primer seperti makan, kost dan kebutuhan tak terduga di atas kebutuhan sekunder seperti berbelanja dan nonton bioskop.

Jangan lupa sediakan uang tabungan tiap bulan. Jangan habiskan semua dana ke dalam pos-pos, namun sisakan juga beberapa untuk tabungan di kala kita membutuhkannya untuk kepentingan tak terduga. Cara lain dalam mengatur uang ini adalah dengan cermat memilih pada saat berbelanja. Tak ada salahnya untuk memburu barang-barang diskon karena memang harganya lebih terjangkau. Memanfaatkan promo-promo khusus seperti gratis ongkir juga bisa kita lakukan. Agar kegiatan berbelanja dapat semakin mudah dan menyenangkan, kini telah hadir alternatif cara pembayaran baru dengan menggunakan Dompetku sehingga kita tidak memerlukan transfer via ATM lagi. Demikian cara-cara mengatur keuangan sejak awal bulan yang bisa kita lakukan mulai hari ini juga. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

Leave a Reply