Pendidikan

0 431
international preschool
international preschool

Di era yang serba maju ini, fokus pendidikan pun mengalami kemajuan yang lebih baik. Salah satu bentuk kemajuan tersebut pada jenjang study yang diterapkan pada anak-anak usia dini. Pendidikan tersebut bukan tentang materi yang terbilang sulit, akan tetapi pada pembelajaran yang sesuai untuk usianya. Seperti contohnya dengan international preschool yang merupakan bagian dari pembelajaran pada anak-anak di usia 3 hingga 4 tahun. Bentuk-bentuk pembelajarannya pun beragam, sedari bermain, bernyanyi, mengenal nama sendiri, nama teman dan kegiatan lainnya.

Pada pendidikan untuk anak kecil, sang anak lebih cenderung diajarkan untuk memulai dari menirukan, mengungkapkan dan mengekplorasi kemampuannya. Secara pastinya tiap-tiap buah hati mempunyai bakat dan minat yang berbeda-beda. Dari pendidikan tersebut pun dapat ditemui bentuk-bentuk ketertarikannya dalam lingkup pendidikan tersebut. Sampai pada nantinya kemajuan dan pertumbuh-kembangan dari sang anak lebih mengalami kemajuan yang terprogres. Terlebih dengan mempunyai buah hati yang aktif, kreatif hingga smart menjadi impian bagi para orangtua. Sedari program pendidikan melalui pembelajaran hal-hal kecil dan lainnya tersebut akan turut membantu.

Sebagai salah satu program pendidikan untuk anak usia dini, preschool taraf international menjadi bagian di dalamnya. Dimana dalam pembelajaran pada pendidikan bagi anak-anak usia kecil dapat memberikan banyak benefit untuk dirinya sendiri, antara lain ialah:

  • Membantu sang anak untuk mengenal satu sama lain, yang bukan hanya lingkungan keluarganya saja.
  • Mendorong sang anak untuk lebih aktif.
  • Membantu anak untuk lebih bereksplorasi.
  • Membantu anak dalam mengenal dunia luar, seperti lagu-lagu, berbicara yang lancar, tulis menulis sekalipun dari coret-coretan dan lainnya.

Tepatnya ada banyak manfaat yang dapat diperoleh sedari sekolah anak di usia dini. Tentunya tak melepas syarat dengan bidang pembelajaran yang memang sesuai seusianya. Seperti contohnya dengan pembelajaran di Tutor time yang menyediakan beragam program pendidikan dengan kelas-kelas umur sang anak. International preschool ini pun menjadi bagian dari program tersebut yang merupakan area pendidikan berskala internasional untuk anak dengan usia 3 hingga 4 tahun. Bersama Tutor time, Anda bisa memberikan program pendidikan yang tepat untuk buah hati, yang dimana bentuk-bentuk pembelajaran tersebut telah tercover dalam kurikulum pembelajarannya.

0 551
IPB (Institut Pertanian Bogor) berkualitas
IPB (Institut Pertanian Bogor) berkualitas

Setelah lulus sekolah menengah tentu saja Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Wajar saja saat ini banyak sekali perusahaan yang menginginkan pegawainya memiliki pendidikan yang tinggi dan ahli di bidangnya. Untuk bisa mewujudkan hal ini tentu saja Anda harus melanjutkan ke kampus dengan kualitas terbaik. Salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia dan cocok untuk menjadi tujuan Anda belajar selanjutnya adalah IPB (Institut Pertanian Bogor). Mengapa harus IPB? Karena IPB memiliki beberapa ciri-ciri kampus terbaik dan berkualitas. Apa saja ciri-ciri tersebut?

Beberapa ciri kampus terbaik yang dimiliki oleh Institut Pertanian Bogor tersebut antara lain:

  • Memiliki tempat pendidikan yang layak dan berkualitas. Hal ini sudah dibuktikan oleh IPB dengan adanya beberapa gedung kampus yang dimilikinya.
  • Lokasi kampus IPB juga strategis dan mudah sekali dijangkau menggunakan transportasi.
  • Memiliki akreditasi yang baik dan sudah setara. Hal ini juga sudah diwujudkan oleh IPB. Perlu diketahui hampir seluruh program studinya mendapatkan akreditasi sangat baik.
  • Tenaga pengajar atau dosen IPB juga sudah kompeten. Bahkan beberapa diantaranya sudah memiliki gelar S3 di bidang masing-masing.
  • Biaya pendidikan IPB juga sangat terjangkau. Bahkan jika masih keberatan, Anda bisa mengajukan beasiswa.

Itulah beberapa ciri-ciri yang menunjukkan jika IPB merupakan sebuah kampus yang berkualitas dan patut diperhitungkan.

Lepas dari semua itu, ada hal lain yang membuat IPB juga patut diakui sebagai perguruan tinggi negeri yang berkualitas. Apalagi jika bukan kualitas dari lulusan kampus yang berlokasi di Bogor ini. Hampir seluruh lulusan IPB sudah terserap di perusahaan besar sesuai bidangnya. Bahkan tak sedikit juga yang sudah menjadi pengusaha besar di Indonesia. Hebat sekali bukan?

Dengan mengetahui beberapa ciri yang menunjukkan jika IPB (Institut Pertanian Bogor) berkualitas, apakah Anda masih ragu untuk tidak berkuliah disana? Apabila berminat untuk berkuliah disini, silahkan saja ikuti prosedur pendaftaran mahasiswa baru yang dibuka oleh kampus IPB. Demikian informasi ini dan semoga bisa memberikan wawasan baru untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

0 536
program diploma IPB
program diploma IPB

IPB (Institut Pertanian Bogor) merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Indonesia karena menyediakan program pendidikan tinggi yang sangat berkelas dan berkualitas. Selain menyediakan program sarjana dan pascasarjana, program diploma IPB juga menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang tengah berupaya untuk menggali bidang pendidikan yang bermanfaat. Lulusan diploma IPB sangat diakui di lapangan pekerjaan karena kualitas individu yang dihasilkan sangatlah tinggi dan mampu bersaing dalam dunia kerja. Sebab, program diploma IPB dilengkapi dengan fasilitas pendidikan dan sarana yang sangat menunjang.

Di tahun 2004, Majelis Wali Amanat Institut Pertanian Bogor mengamanatkan politeknik sebagai wadah pengelola pendidikan vokasi sehinga IPB melaksanakan penataan atau rekonstrukturisasi penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma. Sampai akhirnya Surat Keputusan Rektor yang jatuh tanggal 13 Juli 2004 membentuk Direktorat Program Diploma yang mengelola penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma di IPB pada masa transisi penuju pengelolaan program pendidikan yang mandiri dan juga berkualitas.

Program diploma D3 IPB merupakan program pendidikan vokasional yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bekerja, mampu melakukan bimbingan dan pengawasan sekaligus memegang kemampuan manajerial sesuai dengan program keahlian yang dimilikinya. Berikut ini beberapa program keahlian yang ada di IPB untuk program diploma, yaitu:

  • Komunikasi
  • Ekowisata
  • Manajemen Informatika.
  • Teknik Komputer.
  • Supervisor Jaminan Mutu Pangan.
  • Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi.
  • Teknologi Industri Benih.
  • Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya.
  • Teknologi dan Manajemen Ternak.
  • Manajemen Agribisnis.
  • Perencanaan dan Pengendalian Produksi Manufaktur/Jasa.
  • Analisis Kimia.
  • Teknik dan Manajemen Lingkungan.
  • Akuntansi
  • Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Perkebunan Kelapa Sawit.
  • Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu.
  • Paramedik Veteriner.

Program diploma IPB diselenggarakan dalam 6 semester atau 3 tahun masa pendidikan. Dengan tenaga pengajar yang sangat kompeten dan berkualitas, otomatis seluruh kegiatan pendidikan yang berjalan bisa dilaksanakan dengan maksimal. Karen itulah program diploma IPB (Institut Pertanian Bogor) mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif dan siap bersaing secara profesional di bidangnya.

0 771
perguruan tinggi swasta terbaik
perguruan tinggi swasta terbaik

Para lulusan yang dihasilkan oleh program sekretaris ini bukan hanya mampu berkarya di dalam dunia sekretaris. Namun didukung dengan bekal ilmu memadai, mereka juga dapat mengisi posisi di dalam bidang administrasi, keuangan, SDM sampai dengan pramugari. Dapat dikatakan bahwa profesi yang mengarah pada lulusan sekretaris, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini bukan sebatas di dalam peran konvensional bersifat administratif atau klerikal. Namun sudah lebih dari itu, sekretaris yang bertugas mendukung kinerja dari pimpinan perusahaan seolah-olah harus berlomba dengan kemampuan yang dimiliki oleh pimpinannya. Maka tidak heran jika alumni perguruan tinggi swasta terbaik dalam bidang sekretaris lebih banyak diburu perusahaan.

Mereka dituntut memiliki wawasan luas selain bidang sekretaris, supaya mampu tampil menjadi wakil dari pimpinan atau atasan. Oleh karena itu semestinya pihak universitas swasta terbaik harus selalu membekali mahasiswa maupun mahasiswinya dengan ilmu yang berhubungan dengan dunia luar sekretaris. Semacam pengetahuan akuntansi, perpajakan, manajemen, administrasi maupun hukum. Sehingga tidak heran banyak lulusan sekolah sekretaris yang pada akhirnya mengisi posisi di bagian Sumber Daya Manusia (SDM) sebab mereka mendapatkan kuliah semacam manajemen personalia.

Pada dasarnya sekretaris memang dituntut mengikuti aktivitas perusahaan serta mampu memahami lebih jauh mengenai product knowledge perusahaan dari tempatnya bekerja. Beberapa mahasiswa alumni perguruan tinggi sekretaris ini yang pada akhirnya banting stir menekuni dunia pramugari. Jika dilihat secara sekilas rasanya tidak ada hubungannya sama sekali, namun jika dilihat secara lebih seksama profesi pramugari menuntut pelakunya menguasai bahasa Inggris secara mumpuni. Dalam program sekretaris, tentu saja mata kuliah bahasa asing layaknya bahasa Inggris menjadi prioritas paling utama.

Profesi sekretaris juga seringkali dihubungkan dengan pekerjaan perempuan. Tidak mengherankan, sangat jarang terlihat ada pria yang melakoni bidang pekerjaan ini. Penyelenggara pendidikan yang berupa perguruan tinggi swasta terbaik seperti STKIS Tarakanita juga berperan dalam pembentukan citra yang ada tersebut. Karena akademi sekretaris umumnya memang hanya menerima mahasiswi. Tidak terkecuali dengan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretaris (STIKS) Tarakanita.

0 492
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Menjadi mahasiswa berprestasi merupakan capaian yang harus dilalui dengan berbagai perjalanan yang panjang, bukan sesuatu yang terbentuk secara instant. Membutuhkan ketekunan untuk menggapai sebuah prestasi yang membanggakan. Hal tersebut dirasakan oleh Alfandias Seysna Putra (20), mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Walaupun berkuliah di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Alfandias ternyata memiliki ketertarikan khusus di bidang transportasi. Sejak semester 3, pria kelahiran Yogyakarta ini sudah mulai mencoba menulis ide dan gagasannya untuk diikutsertakan pada beberapa lomba. “Ketika itu karya tulis pertama saya tentang efektivitas transport logistik menggunakan kereta api, tetapi sayangnya tidak lolos sebagai finalis pada 2013”, ujar Alfandias. Namun kegagalan tersebut membuat anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum for Scientific Studies (Forces) IPB ini semakin penasaran dan giat menggali informasi.

Tidak perlu menunggu lama, berkat kegigihannya pada tahun yang sama Alfandias mendapatkan juara 1 di ajang Lomba Desain Kawasan Navigasi Sungai yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Hasanudin (Unhas), Makassar. “Alhamdulillah Allah SWT memberikan saya rasa penasaran yang tinggi, sehingga memotivasi saya untuk terus berusaha”. Setelah ajang tersebut, berbagai prestasi pun terus diraih oleh Alfandias. Pada tahun 2014, ia menjadi satu-satunya delegasi dari IPB di acara Young Engineers and Scientist Summit di Surabaya dengan tema besarnya adalah Transportasi.

Ia menyatakan, “Motivasi dan rasa percaya diri untuk berbicara dan berinteraksi menggunakan bahasa Inggris muncul, dan itu titik awal saya mulai mencoba untuk ikut event internasional”.  Pada 2015, ia mendaftar dan lolos seleksi sebagai salah satu delegasi Indonesia dan satu-satunya delegasi IPB pada ASEAN Youth Summit (AYS) 2015 di Filipina. “Jadi waktu itu saya dapat informasi mengenai AYS ini di media sosial, dan waktu itu motivasinya adalah rasa penasaran saya untuk coba ikut acara di luar dan mulai bangun jaringan dengan teman-teman minimal di ASEAN. Waktu itu aplikasinya cukup dengan online, ada form berupa biodata dan beberapa pertanyaan esai yang berhubungan dengan ASEAN Community dan sebagainya. Selain pengetahuan tentang ASEAN, dalam aplikasinya juga disebutkan pengalaman-pengalaman kepemimpinan di kampus,” papar peraih juara 2 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan ini.

Beberapa kegiatan internasional lain juga diikutinya. Pada Mei 2015 menjadi salah satu delegasi di International Workshop on Climate Change di Malaysia, dan pada bulan Oktober 2015 ia ikut serta dalam Asia-Pacific Urban Youth Assembly dan the Sixth Asia-Pacific Urban Forum 2015 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI bekerja sama dengan UN-HABITAT dan UN-ESCAP. “Capaian-capaian tersebut tidak didapat secara instant dan mudah, dalam prosesnya saya juga mengalami berbagai kegagalan, penolakan, dan banyak event yang saya ajukan aplikasinya namun tidak lolos. Alhamdulillah karena saya yakin, kesuksesan itu pasti melalui kegagalan-kegagalan sebelumnya,” jelasnya.

“Stay Hungry, Stay Foolish, jangan cepat puas, jangan enggan untuk mencari informasi. Karena saat ini sudah banyak informasi tentang kegiatan dan lomba, baik nasional maupun internasional. Masalahnya adalah bagaimana kita mengeksekusi informasi tersebut, terlebih sekarang Direktorat Kemahasiswaan IPB sudah banyak mengeluarkan banyak bantuan bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang mengikuti agenda-agenda di luar,” pungkasnya. (RF)